Monster study adalah percobaan
kegagapan bicara pada 22 anak-anak yatim di Davenport, Iowa, pada tahun
1939 yang dilakukan oleh Wendell Johnson di University of Iowa
Setelah
menempatkan anak-anak dalam kelompok kontrol dan eksperimen, Tudor
memberikan terapi bicara positif pada setengah dari anak-anak, yaitu
memuji kelancaran bicara mereka dan lain-lain. Sedangkan setengahnya
lagi diterapi dengan berbicara negatif, yaitu meremehkan anak-anak itu
pada ketidaksempurnaan berbicara dan memberitahu mereka mereka bahwa
mereka bodoh
Banyak dari anak-anak yatim piatu yang normal yang
telah menerima terapi negatif dalam percobaan itu, malah menderita efek
psikologis negatif dan beberapa masalah bicara yang selalu tertahan
selama hidup mereka. Dan ternyata, beberapa anak yang dulunya tidak
mengalami masalah apa-apa dalam percobaan ini, malah mengalami masalah
kegagapan di kemudian hari
Pada tahun 2007, 6 anak yatim ini menerima dana $925.000 sebagai bentuk kompensasi akibat kerusakan mental yang mereka terima
EmoticonEmoticon